Cara Mengurus Bayi Kucing Tanpa Induk

Mating time has come! Belakangan ini banyak ditemukan anak kucing tak berinduk. Entah induknya enggan memelihara atau memang sengaja dipisahkan oleh manusia karena ga mau ada anak kucing aja.

Lalu apa yang bisa kita (masyarakat) lakukan bila menemukan anak kucing?

  1. Tempatkan di tempat yang hangat, bisa kandang/kardus berlampu (lampunya 5 watt cukup), berikan selimut dan boneka.
  2. Lambung anak kucing masih sangat kecil, sehingga mereka mudah kenyang dan mudah lapar. Oleh karena itu kita perlu menyusuinya dalam kurun waktu 2-3 jam sekali.
  3. Susu yang baik adalah susu khusus kucing, tapi jika tidak ada, boleh pakai susu bayi manusia yang NON LAKTOSA, (kucing tidak memiliki enzim yang dapat mengubah laktosa sehingga yang bisa terjadi sembelit atau diare), meskipun tetap ada kemungkinan bayi kucing alergi susu non laktosa karena kebanyakan susu non laktosa berasal dari soya:kacang kedelai.
  4. Susui dengan posisi mendongak, tapi jangan telentang karena bisa tersedak.
  5. Bersikap seolah kalian induk nya, pakai sikat gigi kering dan bersih untuk usap-usap bulunya, untuk membuat mereka merasa tenang dan nyaman.
  6. Bayi kucing perlu distimulasi untuk poo dan pee, jika tidak mereka tidak bisa mengeluarkan kotoran dari tubuhnya, dengan cara usap-usap kelamin dan anus menggunakan kapas hangat. Sampai mereka mengeluarkan kotorannya lalu bersihkan. Induk kucing selalu melakukan ini dengan cara menjilat-jilat bagian kelamin dan anus anaknya.

Semoga berhasil ya ibu angkat 🙏🏻🙏🏻

EnglishIndonesian