Waspada Feline Calici Virus

Calicivirus saat ini sedang menjadi wabah karena pergantian musim. Calici merupakan salah satu penyakit flu pada kucing.

Virus ini masuk melalui pernapasan, mata, dan mulut. Virus ini juga dapat menempel ke sembarang tempat, seperti kandang, lantai, bahkan tangan manusia yang tidak dicuci setelah memegangnya, oleh karena itu virus ini mudah menular.

Masa inkubasi relatif cepat, dari masuknya virus menuju gejala klinis sekitar 2-4 hari. Setelah masuk ke tubuh, virus ini akan bereproduksi di dalam tubuh, khususnya di saluran pernapasan, lidah, mulut, dan pnemuosit alveoli paru-paru.

Penyakit ini memiliki 4 tingkat keganasan, yaitu ringan, bisa sembuh sendiri, moderat (tingkat kematian 50%), dan Virulent Strain of Calici Virus, ini yang paling berbahaya karena tingkat kematian lebih dari 60%.

Gejala yang tampak selain mata berair, dan hidung berair, yaitu mulai terjadi pembengkakan di tubuh, mulut, dan lidah mengalami erosi sampai pendarahan, mimisan, dan tubuh menguning.

Satu-satunya pencegahan adalah memberikan vaksinasi rutin.

Apabila sudah terjadi, langsung beri perawatan intensif dari dokter, seperti infus, nebulize, analgesic, antibiotik, antivirus perlu diberikan oleh ahlinya.

Sebelum terjadi mari menjaga kondisi tubuh peliharaan kita. Jangan biarkan tempat mereka kotor dan lembab dan jauh dari matahari. #nathasatwa #nathasatwaedu

EnglishIndonesian