Kenali Distemper, Penyakit Mematikan pada Anjing

Penyakit Distemper saat ini sedang mewabah di Indonesia, dan menurut beberapa dokter, kejadian tahun ini merupakan kejadian luar biasa, karena jumlah korban yang diserang sangat membludak.

Penyakit ini tidak ada obat penyembuhnya, satu-satunya yang bisa dilakukan sebagai pencegahan adalah vaksin, itu juga tidak 100% dapat menangkal virus ini.

Kenali gejalanya, demam tinggi, kotoran mata dan kotoran hidung banyak, batuk pilek, sesak nafas, muntah, diare, tidak nafsu makan, dan virus ini tidak hanya menular dari cairan dan kotoran tubuh saja tapi juga melalui udara, virus ini juga kemudian dapat menyerang bagian syaraf.

Meskipun tidak ada obat yang dapat menghancurkan virus ini, namun ada beberapa perawatan yang dibutuhkan bagi penderita distemper: pastikan cairan tubuh tidak berkurang (perlu infus), antibiotik untuk mencegah infeksi sekunder lain, dan berbagai suplement untuk membantu organ dalam bekerja untuk melawan virus ini.

Pisahkan dan segera sterilkan area tempat anjing korban distemper dengan cairan disinfektan dan ungsikan anjing sehat lainnya dari tempat tersebut.

Anjing yang terkena virus ini dan survived perlu diisolasi dan dikarantina(dipisahkan dari anjing lain) dalam waktu yang tidak dapat ditentukan, bisa 3 bulan sampai satu tahun.

Virus ini dapat menyerang kucing juga, nama familiarnya panleukopenia. #distemper#bahayadistemper#bahayapanleukopenia#panleukopenia#anjing#kucing#nathasatwaedu

EnglishIndonesian