Natha Satwa Nusantara

Yayasan Natha Satwa Nusantara, adalah sebuah badan yang dibentuk untuk melindungi dan memperjuangkan pemenuhan kesejahteraan hewan domestik. ‘Natha’ adalah kata yang berasal dari Bahasa Sansakerta yang berarti pelindung. Natha Satwa Nusantara memiliki makna Pelindung Hewan Indonesia.

Manusia dan hewan domestik sudah hidup bersama sejak kurang lebih 15.000 tahun lamanya, di kehidupan bersama, manusia dan hewan domestik memberikan impact satu sama lain dan saling menguntungkan. 

Sayangnya, masih banyak manusia yang menganggap kehidupan mereka tidak layak diperjuangkan dan dipenuhi kesejahteraannya. Hal ini ditandai masih banyaknya ditemukan kasus penelantaran, dan penyiksaan dan ini sangat mempengaruhi kehidupan manusia yang juga memiliki dan tinggal di habitat yang sama. Kesejahteraan manusia tidak bisa dipenuhi dengan mengabaikan kesejahteraan hewan, begitu pula sebaliknya. Hal yang paling terlihat dampaknya apabila kita mengabaikan hewan adalah dari sisi segi kesehatan lingkungan.

 

Yang Kami Kerjakan

Kami hadir dengan membawa program kerja untuk mengatasi masalah ini. Program utama kita adalah: Edukasi. Visi kami adalah memberi pengetahuan dan pemahaman terkait kesejahteraan hewan. Karena banyak sekali penelantaran dan penyiksaan yang terjadi akibat kurangnya edukasi di dalam masyarakat.

Program lainnya adalah, penyelamatan hewan: Kegiatan ini meliputi evakuasi hewan yang tersiksa dan berpenyakit, merehabilitasi, dan mencarikan rumah dan keluarga yang berkomitmen untuk memelihara seumur hidup. Di sisi lain, kami juga peduli permasalahan yang diakibatkan oleh overpopulasi, yang berdampak secara langsung ke lingkungan manusia, terutama dalam segi kesehatan lingkungan, oleh karena itu kami giat dalam program sterilisasi dan vaksinasi hewan peliharaan dan hewan jalanan.

Kami juga bersinergi dengan program pemerintah, dalam upaya membentuk regulasi dan program-progam yang berkaitan dengan sterilisasi, vaksinasi dan program edukasi masyarakat.

 

Misi Kami

Misi kami adalah melakukan edukasi dan penyadartahuan mengenai pentingnya memenuhi kesejahteraan satwa domestik demi terciptanya kesehatan lingkungan. Melaksanakan dan memberikan subsidi sterilisasi dan vaksinasi hewan domestik baik yang tidak berpemilik maupun yang berpemilik dalam rangka menekan overpopulasi dan mencegah penularan zoonosis. Bersinergi dengan kegiatan dan program-program pemerintah dalam mengatasi overpopulasi, dan pencegahan penyakit, juga turut serta memantau jalannya regulasi dan payung hukum perlindungan hewan domestik.